Linyiwq – Makanan Khas

Linyiwq – Menyuguhkan berbagai macam makanan khas dari daerah – daerah di Indonesia dan di Mancanegara

6 Makanan Khas Tegal Yang Wajib Dinikmati Ketika Berkunjung

6 Makanan Khas Tegal Yang Wajib Dinikmati Ketika Berkunjung

Tegal terkenal bersama dengan wartegnya, yaitu Warung Tegalnya, yang menjual nasi beserta aneka rupa lauk pauknya, yang sering disebut sebagai khas masakan rumahan. Tapi memang apa saja sih kuliner Tegal itu. Nah lihat pembahasannya tersebut ini.

1. Kupat Glabed
Pasang Bola
Kuliner Tegal yang khas Tegal yang pertama adalah kupat Glabed. Makanan yang satu ini terlampau makanan khas Tegal yang cuma dapat bisa ditemui dan didapatkan di Tegal, dan tidak tersedia di kota lainnya. Jadi untuk mencicipi rasa kupat Glabed ini orang harus singgah singgah ke Tegal. Lantas seperti apa sih itu kupat Glabed? Kupat Glabed itu merupakan keliru satu makanan yang terdiri dari irisan potongan kupat, yaitu semacam nasi kepal yang dibungkus daun kelapa di dalam pembuatannya, bersama dengan lauknya yang selanjutnya disiram bersama dengan kuah santan berwarna kuning yang dapat makin lama nikmat rasanya kecuali disantap bersama dengan ditambah kerupuk keriting. Kuah dari kupat Glabed ini terbuat dari santan dan tepung maizena yang berbumbu kunyit sehingga warnanya menjadi kuning.

Jenis kuliner ini banyak dijual di beraneka gerai yang berjejer di Alun-alun Tegal, dan di depan stasiun kereta. Kuliner Tegal berwujud kupat Glabed ini biasanya dinikmati bersama dengan bersama dengan lauk berwujud sate Blengong. Rasanya lezat dan mengenyangkan.

2. Kupat Blengong

Kupat blengong adalah perpaduan antara kupat Glabed bersama dengan lauk sate Blengong. Kuliner tradisional dari Kota Bahari yang terdiri dari ketupat berkuah warna kuning kental yang di sediakan bersama dengan sate Blengongnya ini terlampau terkenal di Tegal. Dan di antara sekian banyak warung kupat blengong yang tersedia di Tegal, Kupat Blengong Mas Nanang adalah yang menjadi keliru satu warung yang terlampau terkenal dan melegenda serta senantiasa ramai disesaki para pencinta kuliner yang sedap dan mengenyangkan ini.

Lokasinya tersedia di Jalan Sawo Barat, Tegal. Sate dari daging blengong ini adalah dari daging hewan persilangan antara entok bersama dengan bebek, dipadu bumbu oles bercita rasa gurih pedas, sate blengong yang agak kenyal terlampau sesuai disantap bersama dengan sajian ketupat sayur berkuah kental kaya rempah seperti kupat Glabed. Tapi kecuali berkenan menyantap sate Blengong bersama dengan nasi juga bisa.

3. Rujak Teplak

Kuliner khas Tegal yang berikutnya adalah rujak Teplak. Rujak teplak ini punya rasa sambal yang khas dikarenakan terdapat campuran singkongnya. Rujak teplak itu terdiri dari aneka macam sayuran merasa dari kangkung, juga daun singkong, dan pare, serta kol dan juga tauge. Makan rujak teplak makin lama nikmat kecuali disantap bersama dengan kerupuk.

4. Glotak

Glotak itu punya rasa yang lezat, meski saat ini banyak yang tidak paham berkenaan kuliner khas Tegal yang satu ini. Bahan dasar pembuatannya Glotak itu ialah gembus, yaitu bahan semacam oncom yang dimasak bersama dengan beraneka macam bumbu. Untuk tingkatkan kelezatannya, maka gembus itu diberi kaldu dari rebusan tulang sapi atau ayam. Sebagian orang juga menambahkan irisan cabai ke dalamnya untuk tingkatkan kekayaan rasanya. Makanan bersama dengan bahan utama gembus ini disebut glotak dikarenakan terhadap pas proses pemasakannya mengakibatkan suara glotak-glotak, yang timbul dari tulang ayam yang bergesekan bersama dengan panci terhadap pas diaduk. Glotak rasanya dapat makin lama sedap kecuali ditambah bersama dengan beberapa cabai rawit dan kerupuk antor ataupun kerupuk mie goreng.

5. Sate Kambing Muda Balibul dan Batibul

Sebagian orang berpendapat bahwa kota Tegal juga terlampau sama dan terkenal bersama dengan kuliner sate kambing mudanya. Konon, daging kambing erat kaitannya bersama dengan teksturnya yang kenyal, tapi memang tekstur ini terlampau terkait terhadap usia kambingnya. Semakin muda usianya maka dapat makin lama empuk teksturnya.

Sebutan Balibul merupakan singkatan dari bawah lima bulan, yang merujuk terhadap usia kambingnya. Sedangkan Batibul merupakan singkatan dari bawah tiga bulan. Nah, biasanya favorit masyarakat Tegal ialah warung yang sedia kan sate kambing Balibul atau sate kambing Batibul itu dikarenakan dagingnya yang tetap empuk. Jika dambakan coba mencicipinya maka bisa ke Warung Sate Sari Mendo yang berlokasi di Jalan Kapten Sudibyo dan juga di Jalan KS. Tubun. Sepanjang kawasan tersebut lebih dikenal bersama dengan tempat Tirus. Selain itu tersedia juga sate kemronyos di Tegal, yaitu sate kambing yang dibakar tanpa bumbu, yang selanjutnya disantap bersama dengan tambahan kecap dan irisan cabai.

6. Blendung

Kuliner berikutnya khas Tegal itu adalah blendung. Blendung biasanya dijual di pasar tradisional. Makanan blendung ini terbuat dari jagung yang direbus hingga lunak yang selanjutnya diberi sedikit bumbu dan juga parutan kelapa. Rasanya gurih serta tersedia sedikit tersedia rasa asinnya. Selain itu, manisnya jagung juga tingkatkan rasa kelezatan dari blendung tersebut. Biasanya jajanan tradisional blendung ini di Tegal di sediakan bersama dengan menu lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *